4 Juli 2010

Yahoo Messenger

CHATTING DI YAHOO! MESSENGER
Sebelum menggunakan fasilitas chatting di Yahoo! Messenger, kita harus mempunyai e-mail di Yahoo! Jika kita membuat e-mail bukan di Yahoo! kita tidak akan bisa menggunakan fasilitas ini. Chatting di Yahoo!Messenger telah dilengkapi dengan suara dan tampilan visual (video) dengan syarat kedua pihak yang sedang melakukan chatting harus dilengkapi dengan perlengkapan audio (mikropon dan headset) dan perlengkapan video (webcam).
Perlu diketahui bahwa untuk chatting menggunakan Yahoo!Messenger pengguna harus berusia minimal 18 tahun. Usia ini dideteksi dari biodata yang dimasukkan pada saat registrasi e-mail. Jadi jika ingin chatting di Yahoo!Messenger sedangkan kamu berusia di bawah 18 tahun, maka kamu perlu membuat account baru dengan tanggal lahir yang sudah menunjukkan usia 18 tahun. Sebenarnya pihak Yahoo berniat menjaga anak yang masih di bawah umur dari pengaruh negatif akibat interaksi dengan pengguna lain yang tidak terbatas usia, golongan, karakter, dan budayanya.
Langkah-langkah chatting di Yahoo!Messenger :
1. Aktifkan jendela Yahoo! Messenger dengan meng-klik dobel icon Yahoo! Mesenger. Atau Start --> All Programs --> Yahoo! Messenger. Lalu akan muncul tampilan di bawah ini :

2. Isikan Yahoo ID dan Password e-mail, lalu klik Sign In. Lalu muncul jendela seperti di bawah ini :

3. Untuk bergabung pada chatroom yang telah ada, klik menu Messenger--> Yahoo! Chat --> Join a Room dan klik Enter Chat pada saat processing, maka tampilan menjadi seperti di bawah ini :

4. Klik dobel salah satu room yang disukai, misalnya Yogyakarta:15 maka yang akan muncul adalah :

5. Klik dobel pada nickname yang disukai pada bagian kanan chatroom. Maka akan tampil layar Instant Message di mana kamu bisa ngobrol secara personel dengan orang yang kamu pilih. Ketikkan pesan yang akan disampaikan dengan lawan chattingmu pada kotak yang tersedia. Contoh tampilan dari Instant Message :

6. Apabila kamu tertarik menggunakan emoticon seperti J L K sebagai bentuk ekspresi wajah kamu dapat meng-klik icon smiley berkacamata hitam dan berwarna kuning. Maka muncul pilihan emoticon seperti ini :

7. Bila kamu ingin mengakhiri chatting, klik menu Messenger à Sign Out.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar