6 Juni 2010

Bagaimana cara instal Ubuntu di Windows?

Cara praktis instalasi dualboot ubuntu dengan windows.

Banyak pemula seperti saya terkadang bingung dan takut untuk memulai instalasi Operating system yang belum pernah di pakai. Ribetnya beberapa tutorial instalasi linux yang mengharuskan membuat partisi-partisi sebelum instal dualboot ubuntu dengan windows membuat bingung para pemula. Sebenarnya itu bisa kita buat mudah. Saya pernah mencoba instalasi dualboot ubuntu yang saat itu sudah ada windows di pc saya. Karena saya nggak punya software untuk membuat partisi. Saya instalasi ubuntu lewat windows.
1. Masukan cd hasil burning file iso ubuntu/ cd instaler ubuntu ke cdroom. Bila tidak autorun, klik dua kali pada cdrom. Biar masuk ke system instalasinya.
2. Pada instalation Drive tentukan di drive mana ubuntu akan di instal, biasanya letaknya sama dengan partisi drivenya windows karena kita akan instal ubuntu underwindows. Tentukan besar space yang mau dipakai di instalatioon size. Lalu pilih bahasa yang di pakai, isi username dan pasword yang akan di pakai saat log in ke ubuntu nanti.Trus klik install.
3. Tunggu Proses extractingnya sampai selesai.
4. Setelah selesai lalu reboot komputer anda.
Setelah di restart biasanya sudah akan muncul dua pilihan Ubuntu di bawah windows. Lalu pilih ubuntu. Jika tidak ada saat restrat tekan F8, dan pilih return to OS menu ( kalo nggak salah).
Selamat datang di ubuntu…! Tunggu proses instalasi sampai selesai.

Setelah itu silahkan dilanjutkan sendiri,hehe.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar