4 Juni 2010

Istilah Dasar Internet

ISTILAH-ISTILAH DASAR INTERNET

Pop-up
Pop up adalah jendela iklan yang biasanya muncul tiba-tiba jika mengunjungi sebuah halaman web. Biasanya iklan ini tidak diperlukan dan harus disingkirkan agar tidak mengganggu proses menjelajah web. Untuk menangkalnya, dapat dipakai program penangkal Pop-up. Ada pula program penangkal pop-up yang terintegrasi dengan browser, misalnya yang terdapat pada browser Mozilla Firefox, Opera, dan Internet Explorer.
Hypertext Markup Language / HTML
HTML berisi kode-kode dan digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Setiap halaman web di sebuah website terdiri dari sebuah file HTML. Kita membutuhkan browser untuk menampilkan file HTML tersebut.
Bandwith
Bandwith adalah ukuran kemampuan sebuah jaringan untuk mantransfer data dalam jangka waktu tertentu. Satuan untuk bandwith adalah megabyte per second (Mbps) atau kilobyte per second (kbps).
Uniform Resource Locator / URL
URL adalah pemberian nama pada sebuah alamat website. Alamat URL merupakan alamat dari sebuah halaman web.
Homepage
Homepage adalah halaman web pertama yang terdapat pada sebuah website.
Webpage
Webpage merupakan istilah yang digunakan untuk mengacu pada sebuah halaman web.
Internet Service Provider / ISP
ISP merupakan suatu perusahaan yang berfungsi sebagai penyedia jasa layanan koneksi ke Internet.
Hypertext Link atau Link
Link adalah sebuah text, gambar, atau tombol di sebuah halaman web yang digunakan untuk mengakses sebuah halaman web atau file-file lainnya.
Hypertext Transfer Protocol / HTTP
HTTP adalah protocol yang digunakan untuk menukar informasi di internet.
Program Dial-Up
Program Dial-Up adalah sebuah program yang terdapat di dalam komputer yang berfungsi untuk mengontrol modem dan mengatur hubungan antara komputer dengan pemberi jasa layanan internet atau ISP.
Upload
Upload adalah sebuah proses penempatan file-file dari komputer biasa ke sebuah komputer server internet. Upload merupakan kebalikan dari download.
Download
Download adalah sebuah proses pengambilan file-file dari sebuah komputer server di internet ke komputer yang kita gunakan (komputer client). Caranya: Pastikan file terbebas dari virus yang mengganggu, lalu secara sederhana Klik menu File+Save As.
Chat
Chat adalah layanan online yang biasa digunakan oleh pengguna (user) internet untuk berbicara dengan pengguna (user) lain.
Freeware
Freeware adalah sebuah software yang didistribusikan gratis untuk pengguna.
Graphical Interchange Format / GIF
GIF adalah suatu format file yang digunakan untuk menyimpan data berupa gambar.
Joint Photograpic Experts Group / JPEG
JPEG merupakan format file gambar yang banyak digunakan di internet. JPEG biasa digunakan untuk menampilkan sebuah gambar-gambar yang membutuhkan warna yang lebih banyak, seperti foto-foto dan lain sebagainya.
Shareware
Shareware adalah sebuah program komputer yang terdapat di dalam internet yang kita download dan kita gunakan dalam jangka waktu tertentu.
Spam
Spam adalah pengiriman pesan yang tidak diinginkan seperti email yang penting, email, iklan dan lain sebagainya.
Disconnect
Disconnect adalah sebuah istilah untuk menyatukan pemutusan hubungan dengan saluran komunikasi atau sebuah keadaan tidak terhubung dangan jaringan manapun.
Website
Website adalah kumpulan dari halaman-halaman web yang saling mempunyai ketertarikan dan kerab disebut situs web.
***Mr N***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar